Partner

Wardan Lepas Pawai Ta'aruf MTQ Tempuling

TEMBILAHAN - Bupati Indragiri Hilir secara langsung melepas pawai ta'aruf dalam rangka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 38 tingkat kecamatan Tempuling tahun 2017, Jumat (12/5/2017).

Bertempat di halaman kantor camat Kecamatan Tempuling, Bupati Indragiri Hilir didampingi kepala OPD di Indragiri Hilir, unsur forkopimcam Tempuling, ketua TP PKK Indragiri Hilir, ketua TP PKK kecamatan Tempuling, ketua TP PKK desa dan kelurahan se kecamatan Tempuling, kepala desa dan lurah se kecamatan Tempuling, kepala UPTD di kecamatan Tempuling, kepala sekolah sekecamatan Tempuling, majelis guru, peserta pawai, dan disaksikan oleh masyarakat setempat.

Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan merasa bangga dan bahagia dengan dilaksanakannya MTQ ini.

"Luar biasa kehadiran masyarakat dalam pembukaan ini. Atas kerjasama camat dan pihak terkait maka terlaksana kegiatan ini,"kata Wardan.

Ia juga mengungkapkan perasaan kagum terhadap stand-stand pameran yang dihias dengan maksimal serta menghadirkan berbagai macam karya buatan tangan masyarakat juga berbagai makanan khas melayu.

"Ada stand yang cantik, sudah sama seperti stand yang ada di kabupaten. Artinya pelaksanaan MTQ di Tempuling ini memang dipersiapkan secara matang," pujinya.

Bupati yang tersohor dengan program magrib mengajinya ini juga mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh kecamatan Tempuling sejalan dengan program pemkab Inhil.

"Apa yang kita laksanakan hari ini sudah sejalan dengan program pemkab Inhil terutama dalam upaya menyemarakkan dan mensyiarkan nilai-nilai keagamaan dengan pelaksanaan MTQ," ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa seleksi qari dan qari'ah berprestasi sudah dimulai dari tingkat desa, hal ini dilakukan melalui program magrib mengaji, dan program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ).

"Dari program DMIJ telah disisihkan biaya untuk pelaksanaan MTQ di tingkat desa. Artinya seleksi qari qari'ah ini sudah kita laksanakan dari desa. Supaya kita mendapatkan qari qari'ah yang dapat kita kirim ke tingkat provinsi nanti. Inhil dikenal sebagai lumbung qari qariah. Karena diwaktu lalu qari qari'ah dari Inhil telah dapat mencetak prestasi di tingkat Internasional. Dengan seleksi yang ketat ini Insya Allah kita yakin dan percaya pada saatnya nanti Inhil dapat meraih kejayaan dulu yang pernah kita capai melalui qari qari'ah ini," terangnya.

Ia berharap agar penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan Tempuling ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

"Mudah-mudahan hasil yang ditampilkan dapat menggambarkan potensi masing-masing desa," harapnya.

Sementara itu camat Tempuling, Ridwan S.Sos mengatakan bahwa kegiatan ini juga disejalankan dengan pembukaan bazar MTQ dan Germas tingkat kecamatan Tempuling.

"MTQ ini diikuti oleh seluruh kelurahan dan desa sekecamatan Tempuling yang terdiri dari 5 desa dan 4 kelurahan. Peserta berjumlah 116 orang yang terbagi dalam beberapa cabang lomba. Cabang yang dilombakan adalah tartil Qur'an, tilawah, kaligrafi, tafsir Al-Qur'an bahasa Indonesia, syahril Qur'an, dan fahmil Qur'an," jelas Ridwan.

Disamping itu ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang dapat memenuhi undangan tersebut dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu menyukseskan kegiatan tersebut.

"Masyarakat kami sangat mengharapkan kedatangan Bapak Bupati," ucapnya.

Usai pelepasan pawai yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati, dilakukan peresmian Pencanangan Germas tingkat kecamatan Tempuling dan peresmian stand bazar MTQ oleh Ketua TP PKK Indragiri Hilir yang ditandai dengan pemotongan pita. Pelepasan pawai itu sendiri dimulai dengan penampilan drum band dari SDN 008 desa Teluk Jiira.